Jumat, 22 April 2011

Tips Memberi ASI Ekslusif

Dari sejak hamil aku dah baca2 soal pentingnya asi buat bayi. Makanya aku bertekad banget untuk bisa kasih asi ekslusif buat bayiku. Dari pengalamanku untuk bisa kasi bayi kita asi ekslusif itu yaitu kita harus...
1. Niat dan tekad yang kuat untuk kasih asi ekslusif
    Kenapa harus niat dulu? Soalnya yang paling penting untuk kelancaran ASI itu menurut buku yang aku baca si karena PD. klo kitanya udah pesimis duluan, bisa ngaruhin otak n asi ga keluar deh...
2. Beritahu orang terdekat untuk mendukung program asi ekslusif kita
    Ajak suami, ibu, dan mertua untuk tahu arti pentingnya asi, dan bilang ke mereka klo kita ingin kasih asi ekslusif ke bayi kita. liatin bacaan2 kita soal pentingnya asi. Mereka harus ikut mendukung kita, jangan sampe ngga. Soalnya klo keluar aj kata2 mereka yg notabene adalah suami, ibu ato mertua kita, yg ga percaya klo bayi kita hanya cukup dikasih asi, (klo buat aku sih ngaruh bgt), karena bikin kita down, kepikiran ma kata2nya, pengaruhin bgt ma produksi asi-nya. Apalagi aku juga bekerja, kadang mereka ga percaya, mungkin emang masih aneh dengan asi peres yang bisa disimpen kulkas. Padahal aku dah sering banget ngeyakinin mereka klo bayiku ga bakal kurang gizi hanya dengan dikasih asi tanpa tambahan susu formula. Omongan2 mereka yg kadang nyuruh aku buat kasi sufor sempet bikin aku down. Apalagi sempet beberapa kali bayiku nangis karena stok asi-nya dah abis n aku belum pulang. Tapi itu juga karena aku-nya yg lalai, Ternyata bener klo ibu menyusui itu super sensitif, diomongin dikit, langsung ngaruh bgt. Pas lagi pengen bgt meres asi yg banyak yg keluar malah sedikit!
3. Nyetok ASI sebanyaknya sebelum anda masuk kerja dari cuti melahirkan
    Bulan pertama kelahirannya bayi banyakan tidur siangnya...jadi manfaatkan masa ini sebaik2nya, sebanyak2nya untuk meres asi. kan sayang tuh lagi banyak2nya asi yg keluar, tapi dede bayi bobo mulu. mending diperes deh. oia buat nyetok asi, pake botol biasa aj, paling bagus botol kaca, beli online juga banyak, murah kok cuma 2-3ribuan. ato klo aku sih pake botol2 bekas minuman ky you-c-1000mg (irit). Ga usah beli botol dot banyak2! Kemaren si aku pake sekitar 20 botol stok, n botol dotnya cuma ada 5, tapi cukup kok. Jangan lalai ya bu, mentang2 stok asi kita banyak. kadang kita suka keenakan, dari yg meres 5x sehari jadi cuma 3X sehari. Ini berlaku buat 6 bulan pertama aj kok. Soalnya ada kalanya emang bayi keliatan males nyusu, jadi bikin stok asi kita numpuk. Tapi jangan terkecoh, soalnya bisa tiba2 bayi lagi rakus bgt ma asi. Tau2 stok asi kita abis aj...jadi keteran d... (itu yg bikin suami n mertuaku nyuruh aku buat kasi sufor aj). Jangan lupa ditanggalin ya.sistemnya first in, first out.
4. Sedia nursing cover
    Ini tuh ga boleh absen dibawa klo kita pergi kemana2 bawa bayi. Buat nutupin klo kita lagi nyusuin ditempat umum. Enak deh, ga ribet n ga malu, bisa nyusuin dimana aj dan kapan aj tanpa harus obral payudara. hehe...
Kayaknya yang paling penting itu aj deh, klo ada tambahan, bagi2 ya... Enak n canggih yah zaman sekarang mah. Tapi kenapa ya ada aj ibu yg ngira klo ini tuh ngerepotin bgt, padahal klo buat aku sih amat sangat menyenangkan, memberi yg terbaik buat anak kita itu menyenangkan ga sih???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar