Jumat, 22 April 2011

Buat para bidan dan dokter tolong dong,,,

     Sebelum lahiran aku dah banyak denger dari temen2 aku klo ngelahirin ada proses imd-nya. Tapi anehnya imd iya, tapi dikasih susu formula (sufor) juga iya. Padahal imd itu kan buat proses kelancaran asi. Kok gitu sih??? Mungkin karena Karawang cuma kota kecil ya, jadi bidan n dokternya belum paham, ato maaf2 banget ya, karna lagi kejar target keuntungan dari jualan sufor. Makanya pas kemaren abis lahiran aku tuh parno banget klo misalnya klo aku tidur bayiku dikasih sufor. Aku dah wanti2 bgt ma suami n mamaku, anakku jangan dikasi sufor, aku mau asi ekslusif. Walhasil hari pertama abis lahiran aku ga bisa tidur, padahal dah cape n lemes bgt badan, Mamaku aj heran, ko dah lahiran bukannya istirahat, tidur... soalnya dulu mamaku tiap abis lahiran nyenyak bgt katanya. Mungkin karena tekadku dah kuat bgt y, jadinya aku ga tidur, aku berjaga bgt takut klo tidur nanti, bayiku nangis trus dikasih sufor! Banyak kasus yg kaya gitu, ini bikin bayi jadi bingung puting!!!
    Bener aj kan, bidanku nawarin gini, "ini minum susu dulu...", sambil ngasih dus sufor, dia taro dimeja sebelahku. Langsung aj aku bilang, ga pake sufor bu bidan, aku mo asi ekslusif. Baru deh dia ngomong, "oh...bagus...emang asi-nya udah keluar?" terus aku bilang, "banyak...!"(hehe...padahal asli loh, pas hari pertama asiku ga keluar, netes aj ngga!) Tapi menurut ap yg udah aku baca, kat para ahli, bayi tuh punya lemak coklat ditubuhnya, dia bisa bertahan sampe 2/3 hari ya (?) tanpa asupan apapun. Jadi aku praktekin aj, Pokoknya aku pd aj, soalnya liat bayiku berhasil imd, dia berjuang sampe setengah jam buat bisa ngisep susu. Aku terharu bgt, apalagi dia kuat bgt isepannya. Biarpun asi-ku ga keliatan netes, aku tetep pd dan yakin, soalnya kan isepan bayi itu ngerangsang produksi asi. Minggu pertama payudaraku ga gede kaya ibu2 yg lagi nyusuin, aku sempet khawatir. Makanya aku minta suami untuk beli obat pelancar asi (kaya asifit ato lancar asi ato minta aj resep dokter), dan juga banyak makan sayur katuk. Dan berhasil deh...asi-ku jadi banyak, bengkak, sampe netes2... senengnya.... awalnya karna PD!!!!
    Oia balik lagi soal bidan dan dokter....tolong dong kasih edukasi buat ibu2 dan suaminya juga klo asi itu penting, ga ada yg sebagus asi, sufor termahal sekalipun ga bisa ngalahin hebatnya asi. Terutama buat bidan2 yg kebanyakan pelanggannya menengah ke bawah. Soalnya 2 pembantuku (bukan punya banyak pembantu, tapi dah ganti sampe 3x) pakenya sufor bukan asi. Aku kaget bgt pas pembantuku mo pinjem duit, aku tanya buat apa, dia bilang buat beli sufor (anaknya waktu itu baru setengah taun). Masya Alloh... (gaya bgt, aku yg majikan aj pake asi!). Kasian kan mereka.... dah buat makan aj susah, eh ditambah harus beli sufor, padahalkan klo pake asi itu bisa ngirit, tanpa biaya, apalagi kandungan gizinya jauh melebihi sufor.Belum lagi klo pakenya ga sesuai takaran, ngirit biar awet. kasian bgt bayinya, bisa kurang gizi!!! Gimana Indonesia mo maju klo bayi2nya aj dah kurang gizi, iya ga sih?
    Ada lagi cerita temenku, kebeneran ditempat kerjaku banyak bgt yg lagi hamil n ngelahirin. Pas kita cerita2 soal biaya persalinan, eh, banyak yg ngomong murah bgt loh ngelahirin di bidan "X", dan bidan "Y" masa cuma kurang dari sejuta, dah gitu dapet sufor gratis lagi...(???) Wow...baik banget ya bidan2nya...!!! Ironis bgt ya, mereka yang sebagai tenaga ahli ternyata ga begitu paham arti dan kegunaan IMD. Ini yg salah apa dan siapa ya??? Sekedar info aj, gaji kita2 tuh kurang dari 2juta sebulan, jadi bisa dibayangkan kan gimana keteterannya temen2ku ngurus keuangan dengan bayi yg minum sufor!!!
Aku yakin itu karena kurangnya edukasi soal asi ke mereka. Tau sendiri kan klo golongan menengah kebawah itu ibu2nya suka pada gaptek n males baca. Jadi tugas para bidan dan dokter untuk ngasih tau ke mereka, soal pentingnya asi. kasi tips biar bisa ngasih asi, ato klo kerja caranya gimana, klo asi belum keluar harus gimana. Pokoknya dari a-z soal asi....hidup asi!!!

2 komentar:

  1. maaf sblmnya,,saya ingn sdkt ngsh mskn z,,krn mnrt saya ini cukup mnrik,,^_^
    saya jg brtrima ksh ats mskn2 mba untk para tenkes d blog ini mdh2n para tenkes brsaha lbh keras n hrs super keras lagi mgkn y,,^_^
    saya jg salut dg mba,,krn mba bgitu mmprhatikan kbutuhan buah hati mba,,^_^
    krn tdk smw ibu2 brsedia mmberikan ASI Eksklusifnya dkrenakan brbagai hal n alasan,,
    sbnrnya para tenkes sdh mmberikan pnyuluhan ttg ASI Eksklusif n bahkan ttg MPASI,,baik melalui lisan tulisan bhkan media pun sdh dgunakan guna melancarkan progrm ASI eksklusif n MPASI ini,,dan klo sy tdk slh,,sdh diadakn rncangan ttg tdk blh mskny susu frml ke rmh skt khususnya bag perina,,n dsn yg brperan bkn cm bidan/dktr tp slrh tenkes hrs brprn,,
    ini smw dmksdkan untk lbh mngjrkan para orang tua khususnya para ibu bhw ASI Eksklusif itu mmng bnr2 pntg n baik u/buah hati,,
    dsni tenkes hny brsh untk mmberikan yg trbaik tp qt kmbalikan lg smw pd para org tua,,smw kputusan mrk yg ambil,,qt tdk bs mmksakan,,
    kami brharap smw org tua sprti mba,,yg mngrti akn kebutuhan si kecil,,n brusaha untk mwujudknny,,tp sygnya tdk smw org brfkran yg sama,,kbanyakan para org tua sbnrnya tau pa n bgmn ASI EKSKLUSIF srta apa krugian jk tdk mmbrikannya tp itu tdk mmpngaruhi niat mrk untk mmberikannya,,dg brbgai alasan,,sbk krja,asi sy sdkt,gengsi atau apalh,,pdhl itu smw sdh kami jlskan,,jd tdk ada lg alasan untk tdk dbrkn,,
    tp smw qt kmbalikan lg pd tingkah laku n kesadaran para org tua,,
    dan untk masalah biaya prsalinan,,itu smw trgantung saat prsalinan itu brlangsung,,
    apa prsalinannya bnr2 prsalinan normal atau pd saat prsalinan trsbt mmbutuhkan obt2n tmbhn/ tindakan lain yg mnjadikan biaya prsalinan yg hrsnya tdk trlalu mahal krn ada obt2n yg hrs di beri hrganya mnjd brtmbah atau sdkt aga mahal dr yg normal,,
    bgitu jg d RS,,tdk smw biaya prsalinan itu sama,,smw dilakukan sesuai dg tingkat ksulitan prsalinan n apa saja yg di butuhkan pd saat prsalinan brlangsng,,tp yg jls biaya prsalinan di bidan psti lbh murh di bandng di RS,,^_^

    BalasHapus
  2. maaf ya bu baru dibaca kemaren ga sempet o/l. Saya pernah baca di website AIMI, katanya emang ada dokter ato bidan2 yang emang ngejar target penjualan sufor karena diimingi hadiah ma produsen sufor itu. Katanya pengalaman nyata loh bu, jd aq kait2in aj ma yg terjadi di sekitar aq. (maaf klo jadi ga enak).
    Terus soal biaya persalinan, bukan soal biayanya tapi aq lebih menyindir temenku yang ngerasa bangga ato seneng dapet harga murah dibonusin sufor. Padahal klo kata aq dikasih sufor itu jebakan maut (hehe), soalnya harusnya dikasih asi eks, malah dikasih sufor. ASI mampet, keluarlah uang yang banyak u/ beli sufor tiap bulannya. Jadi harusnya marah dong klo dikasih sufor gratis. hehehe...itu klo menurut aq loh...
    btw, makasih ya masukannya... ^-^

    BalasHapus