Kamis, 02 Juni 2011

Apapun untuk Anak...

Dulu waktu belum nikah, belum hamil, belum punya anak n nyusuin gak pernah kepikiran untuk belajar tentang parenting. Kirain semuanya naluriah, alami, bisa dengan sendirinya. Ternyata emang harus belajar banyak, bener-bener nol besar pengetahuanku tentang semua itu. Jadinya banyak-banyak beli buku, majalah, browsing internet juga tanya sana-sini.

Ternyata ada kendala, apa yang aku pelajarin tentang cara mengasuh, menyusui, memberi makan dari buku, internet dan temen-temenku ga sejalan sama yang udah dijalanin ma orang tua kita dulu. Aku berusaha banget kasi tau mereka, kalo aku tuh pengen ngasih yang terbaik untuk anakku dengan cara memberi ASI ekslusif biarpun aku kerja. Walaupun harus bersusah payah (tapi hasilnya aku jadi langsing hehe...), kurang tidur karena harus nyediain stok ASI yang cukup untuk anakku. Dan akhirnya aku berhasil, anakku lulus ASI ekslusif. Bangga, mungkin ibu-ibu yang lain menganggap sepele dan remeh. Tapi menurutku dan teman-temanku seperjuangan itu berat banget. Mudah-mudahan para pria juga menganggap istri mereka yang memberi ASI ekslusif pada buah hati mereka memberi ucapan selamat dan harusnya sih berterima kasih dengan memberi hadiah istimewa pada istrinya!!!

Kendala lain datang lagi, 6 bulan saat pertama anakku diberi makan. Aku bertekad memberi makanan alami, ga ada makanan instan kaya promina, cerelac, ato apapun... Jadinya sebulan sebelumnya aku dah siap-siap ngeblender beras merah dan kacang hijau jadi tepung. Jadi aku nyetok tepungnya, klo Kinay mo makan tinggal dimasak sebentar. Gak lupa juga aku bikin puree sayuran dan buah-buahan. Semua serba alami. Aku ga pernah tau berapa harga sebungkus bubur bayi instan ato biskuit bayi. Semua makanan Kinay tanpa gula dan garam. Hasilnya Kinay suka semua buah dan sayuran. Horrreeeeeeee...... Aku pernah baca bayi jangan pernah dikasih yang manis-manis dulu tar dia jadi peacky eater, suka milih-milih makanan. Makanya aku praktekin betul-betul ke Kinay. Mudah-mudahan Kinay dah gede juga suka makan sayur. Soalnya aku liat adik-adikku pada ga doyan sayur, jadi aku khawatir.

Orangtua apalagi mertuaku merasa aneh, ga ngerti kenapa aku lakuin itu (padahal sih mereka dah baca tuh alesannya kenapa, di majalah juga ada). Mereka ngerasa kasian Kinay makanannya ga enak, ga ada rasanya. Biarin aj deh, aku lebih kasian lagi nanti klo dah gede misalnya dia ga suka sayur. Ga perlu dijelasin kenapa kan? Sayur gitu loh! makanya aku harus kasih contoh ke dia dari awal banget. Biar terbiasa, klo dah tau rasa, suka susah makan.

Jadi kepikiran sama ibu-ibu yang lain, apa mereka tahu juga soal ini? Pengennya sih mereka semua bisa memberi makanan terbaik untuk bayinya. Bayi itu kan penerus bangsa, kita harus punya generasi yang sehat! Jadinya aku mulai jualan bubur bayi sehat kerjasama dengan mama dan adikku. Dan hasilnya??? Kaget banget, ternyata 90% ibu-ibu disini ga ngasih ASI ekslusif dan ga ngasih makanan bergizi buat bayi mereka!!! Jangankan ibu-ibu biasa, dari beberapa bidan yang aku datengin pun ga ngerti (padahal mereka bidan!). Pernah temenku nyerita, waktu anaknya diare dibawa ke dokter anak yang paling terkenal di Karawang, dokter wanita berusia senja itu malah menyarankan memberi makan cerelac dan sejenisnya!!! Salah siapa? Pemerintah? Zaman sekarang pemerintah ga bisa diharapkan lagi. Padahal wakil bupati Karawang saat ini wanita, dokter lagi. Kenapa dia ga menyentuh persoalan ini ya? Bidan dan dokter yang notabene ahli kesehatan ga paham maksud dari IMD dan apa makanan terbaik untuk memenuhi gizi bayi.

Kenapa aku bilang begini? Soalnya mereka masih aja ngasih susu formula untuk bayi yang baru lahir dengan alasan kasian dengan ibunya yang kecapean. Akhirnya bayi jadi bingung puting dan ga mau nyusu lagi. Lalu ibu itu harus kerja lebih keras untuk membeli susu formula yang harganya lumayan mahal! Kenapa tenaga ahli ga update ya? jadi riskan banget klo berobat. Padahal di Jakarta udah digalakkan ASI ekslusif dan pemberian makanan alami pada bayi.

Menurut sumber yang aku baca dari website AIMI, pabrikan susu formula gencar berpromosi di negara-negara berkembang dengan promosi yang tidak sehat. Soalnya di negara-negara maju susu formula dah ga laku! Karena tingkat pendidikan dan kesadaran mereka sangat tinggi untuk memberikan yang terbaik bagi bayinya (berarti tingkat pendidikan orang Indonesia masih rendah dong???). Aku jadi pengen menyebarluaskan fakta ini, kasian... masih banyak aja ibu dan nenek yang bangga bisa memberi bayi atau cucu mereka susu formula yang mahal. Hohoho... menyedihkan... Padahal informasi jaman sekarang gampang banget dicari, gratis lagi (berarti bener ya tingkat pendidikan Indonesia masih rendah, buktinya ya itu ga mau cari tau dan belajar banyak!)

Semoga mereka (ibu, nenek, bidan, dokter) diberi hidayah.... Biar anak Indonesia sehat dan jadi generasi yang cemerlang. Amien....

1 komentar:

  1. Kalau istriku sewaktu hendak melahirkan malah aku yang cerewet, nyari rs yang IMD lah, nyari yang bayinya bisa sekamar lah sama yang nggak dikasih sufor kalo belum keluar asinya, dan alhamdulillah sukses. Sekarang tita dah 3 bulan jadi ujian tahap ke-2 'asi ekslusif' udah 50 persen. Sekarang malah sedang giat-giatnya belajar pertanian hidroponik di halaman rumah buat nyiapin sayuran organik bakal mpasinya tita.

    BTW mamanya kinay boleh bagi resep mpasinya dong (termasuk cara mengolahnya kalau berkenan hehe). Salam kenal

    BalasHapus