Senin, 23 Mei 2011

Ayo kita sadar gizi

Kemaren jualan di Galuh, seruuuu.......... dan sedih juga, miris bgt deh dari sekian banyak orang yang beli bubur selama 2 minggu ini, cuma 1 orang yang nanya buburnya pake garem ga... Berarti klo misalnya selama 2 minggu itu ada 100 orang yang beli berarti. Perbandingan ibu yang ngerti and sadar pentingnya gizi anak itu cuma 1:99!!! Wow... menyedihkan banget yah Indonesiaku...

Boro-boro orang biasa, bidan aja yg terdidik ga tau klo pemakaian garem buat bayi tuh bahaya. Kemaren aku sosialisasi ke bidan-bidan begitu tanggepannya. Sementara jadinya aku ngikutin kemauan pasar deh, bubur bayinya aku kasih garem dikiiiit bgt. Setidaknya biar mereka lebih milih bubur bayi yang lebih sehat daripada bubur instan ato bubur gerobakan. 

Kok jadi aku yang sibuk ya mikirin ibu-ibu yang ga sadar gizi. Inikan harusnya tugas pemerintah. Bukannya aku pengen jualan buburnya laku, justru aku jualan bubur bayi tuh biar ibu-ibu punya alternatif makanan sehat untuk bayi. Tapi sayang banget sekarang masih rendah banget banget banget kesadaran mereka soal pentingnya kasih gizi yg baik buat anaknya. Padahalkan buat anak ya... kenapa sih pada ga kasian??? Jadi geregetan, iiihhh.... Ada yang cerita anaknya yg baru berumur 10 bulan ga suka makanan bener kaya bubur ato tim buatan sendiri. Malah anaknya doyan bala-bala! 

Bala-bala? Ada gizi apa didalem bala-bala? oh, bergizi sih ada tepung terigu dicampur wortel, toge, kol... tapi klo bikin sendiri. Klo dapet beli pinggir jalan? Kebayang ga dari minyak buat ngegorengnya, debunya, kebersihannya? Ihh... Banyak yang ngeluh anaknya susah makan. Aku bilang aja, pasti awalnya dikasi makan biskuit bayi yang manis tanpa mengenalkan makanan manusia yg asli dan alami kaya sayur n buah. Jadinya ya gitu deh, jangan salahin anak klo dah gede ga suka makan sayur, tapi renungkan aj gimana orangtuanya pertama kali ngasi makan anaknya pake apa. 

Kenapa ya, dah jadi orang tua pada males belajar. Belajar cara menyusui, kasih makan, ngedidik... itu kan harus belajar n banyak nanya. Bukan cuma kata orang tua dulu, yang mungkin dah ga zaman lagi sekarang mah. Bener kata dokter Tan, itulah gunanya pembaruan ilmu!!! Ilmu itu terus berkembang, ga stuck disitu aj. Aku dah niat banget pengen kasih yang terbaik untuk anakku.Dari mulai makanan, pendidikan, kesehatan, kasih sayang juga....Makanan sehat itu bukan makanan yang mahal, justru murah meriah karena kita sendiri yang bikin dari bahan2 alami dan seger.  Semoga lebih banyak ibu yang sadar gizi... biar Indonesia maju ga ketinggalan ma bangsa lain. Amin...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar