Selasa, 09 Juli 2013

About Kinay


Sayang banget ma Inay, Inay makin baiiiiiiik…banget, Aku malu klo inget masa kecil yang kata mama aku manjanya ga ketulungan (hee…). Tapi anak manja itu sebenarnya emang udah sifat anaknya ato pola asuh dari ortunya ya? Klo kata aku sih pola asuh mungkin ya… Klo ekonominya ga stabil susah deh mau mikirin pola asuh segala, yang penting mah ada duit kali ya buat makan. J

Emang sih sebagai orang tua kita pengennya ngasih apa yang anak mau, yang anak ga butuh-butuh banget juga pengennya ngebeliin. Klo jalan-jalan liat baju anak ato maenan lucu suka ga pikir panjang juga maen beli aja. Ya ga? Tapi kayaknya aku ga gitu2 banget deh, maksudnya aku masih bisa nahan kok klo yang kiranya ga perlu2 banget mah. Selain itu aku juga ngajarin Inay nabung tiap2 aku dapet duit. Inay suka minta uang buat nabung, mintanya klo ga yang merah ya yang biru, selain itu ga mau dia (pinterrr!!!), tapi gapapa lah spanjang itu buat ditabung bukan buat dijajanin. Klo jajan maunya yang seribu ato dua ribuan, trus katanya klo jajan mah minta ma nenek aja. Heee…. Baguss…bagussss…..

Teori pengasuhan anak kayaknya udah banyak banget ya, tapi yang paling susah itu memperkaya hati, meluaskan hati dengan banyak banget stok sabar dan jangan sampe ada abisnya. Buat anak sendiri, masa ga bisa sih? Suksesnya orang tua itu yang bisa mengantarkan anak meninggal dalam keadaan islam. Bukan yang anaknya bisa jadi sarjana, jadi pejabat, jadi pengusaha tapi meninggalkan nilai2 islam buat apa? Subhanallah… Mudah2an bisa gitu, tapi ga bisa klo Cuma sepihak ya, harus kerjasama sama si ayah biar bisa ngasih contoh yang baik buat anak.

Tanamkan dalam hati sikap sabar itu gampang, gampang, gampang…tinggal diam dan lihat, JANGAN BICARA klo ga bisa control emosi dan JAGA NADA SUARA. BERSIKAP SABAR ITU AMAT SANGAT MUDAH. Aku orang
Kemarin aku Tanya sama Inay, klo amah pengen punya waktu sendiri buat maen boleh ga? Inay bilang ga boleh harus bareng2. Trus aku tanya lagi klo amah lagi cape terus temenin Inay maennya cm liatin aja boleh ga tapi ga ikutan maen. Katanya boleh…

Aku takut banget Inay lebih deket dan lebih sayang sama orang laen dibanding sama mamanya sendiri. Jadinya klo udah kesel n marah suka mikir ulang untuk meluapkan emosi, katanya mau jadi yang paling deket n paling disayang sama Inay, masa marah2 mulu sih? Klo kata aku sih sekarang udah agak berkurang marahnya, tapi klo lagi dipuncak keselnya suka keluar juga emosinya. Tapi Ay suka ingetin aku sih, jadinya ya mending diem ato minta tolong Ay untuk gantian ngurus Inay sementara aku ngeredam emosiku. Sedih sih klo sampe keluar emosi. Tapi paling susah control klo aku lagi teramat sangat cape n lelah n seharusnya udah sejak beberapa jam lalu tidur pules.

Harus terus selalu diinget dan dikatakan dalam hati, klo sabar itu ga da batasnya. Harus punya hati yang seluas samudra n seluas langit klo gitu. Bisakah untuk orang emosian seperti aku? PASTI BISA, momen ramadhan ini harus bisa. Semangats!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar